Cari Blog Ini

MENGAPA RAMBUT BERUBAN ??

Posted By Donny Dinata
 
 
Uban atau rambut putih seringkali mengganggu penampilan. Rambut beruban identik dengan faktor usia yang mulai menua. Namun rambut beruban bukan hanya disebabkan oleh faktor usia, karena nyatanya banyak juga orang muda yang telah beruban.
 
 selain usia terdapat banyak faktor yang menyebabkan rambut beruban. Stres, faktor genetika dan gaya hidup pun dapat mempengaruhi munculnya uban di usia muda. Namun bagaimanakah proses terjadinya uban?.

Setiap helai rambut mengandung keratin, yaitu sebuah protein yang tidak mampu menyampaikan nutrisi. Akar rambut tersimpan dalam folikel rambut, yang juga bisa diibaratkan sebagai ?pabrik? rambut di kepala kita.

Pertumbuhan rambut terjadi karena penambahan keratin baru. Sel-sel folikel bernama melanosit membuat melanin, yakni pigmen yang menghasilkan warna rambut. Semakin tua umur seseorang, melanosit berhenti memproduksi melanin, sehingga rambut jadi kelabu atau putih.

Kapan waktu melanosit berhenti bekerja, bergantung pada faktor genetika, nutrisi dan tingkat stres, dan juga kebiasaan merokok.

Rata-rata orang beruban dalam tempo yang lama, setelah sekian puluh tahun. Sementara itu, pada kepala kita terdapat 100.000 folikel. Jadi bisa dibayangkan lamanya proses pemutihan rambut ini.

Melanin juga dapat berhenti bekerja karena dipengaruhi kebiasaan sering mengecat rambut atau kurang memperhatikan kesehatan dan perawatan rambut. Selain itu, polusi udara juga bisa mempercepat penuaan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar