Cari Blog Ini

Memuat...

SEPEDA MOTOR PERTAMA DI DUNIA

Sepeda motor pertama di dunia, buatan perusahaan Hildebrand and Wolfmuller yang diproduksi 1894 terjual dengan harga 86.200 poundsterling atau sekitar Rp 1,189 miliar. Motor itu terjual di sebuah lelang yang digelar di perhelatan The International Classic Motor Show 2010 di Stafford, Inggris, 25 April lalu.
Sebelumnya, beberapa kalangan memperkirakan, motor tersebut akan terjual dengan harga di kisaran 40 - 60 poundsterling atau sekitar Rp560 - Rp840 juta. "Motor itu dibeli seorang kolektor pribadi asal Jerman," sebut Juru Bicara Bonhams, rumah lelang penyelenggara hajatan itu, seperti dikutip autoevolution.com, kamis (29/4).
Motor tertua di dunia itu bermesin 1.488 cc, twin cylinder, empat langkah, berpendingin air. Tenaga yang disemburkan mencapai 2,5 daya kuda pada 240 rpm. Kecepatan maksimal yang mampu digapai 30 mil per jam atau 57 kilometer per jam.
Tenaga dari mesin disalurkan ke roda bukan dengan rantai tetapi dengan krukas (crankshaft0 di roda belakang.
Adalah dua bersaudara, Henry dan Wilhelm Hildebrand yang pertama kali mengembangkannya. Kemudian, untuk memproduksi motor itu secara massa, keduanya menggandeng Alois Wolfmuller dan mekaniknya Hans Geisenhof.
Hanya, produksi itu tak berjalan mulus. Pasalnya, selang tiga tahun sejak pertama kali diproduksi atau 1897 Hildebrand and Wolfmuller menghentikan produksi. Kala itu, jumlah yang telah diproduksi hanya mencapai 800 unit, namun sudah terjual ke berbagai belahan dunia.
Lantaran populasinya yang langka itulah, motor itu banyak diburu oleh kolektor. Hanya, tak banyak yang mengetahui dimana saja model motor pertama di dunia itu berada. 

dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar