Cari Blog Ini

TIPS HIDUP SEHAT.

 Kebutuhan Gizi
   Usia 0 s/d 6 Bulan
   - Kecukupan Energi : 550 kkal
   - Kecukupan Protein : 10 gram
   Usia 7 s/d 12 Bulan
   - Kecukupan Energi : 650 kkal
   - Kecukupan Protein : 16 gram
   Usia 1 s/d 3 Tahun
   - Kecukupan Energi : 1000 kkal
   - Kecukupan Protein : 25 gram
   Usia 4 s/d 6 Tahun
   - Kecukupan Energi : 1550 kkal
   - Kecukupan Protein : 39 gram
   Usia 7 s/d 9 Tahun
   - Kecukupan Energi : 1800 kkal
   - Kecukupan Protein : 45 gram
   Usia 10 s/d 12 Tahun
   - Kecukupan Energi : 2050 kkal
   - Kecukupan Protein : 50 gram
  Usia 13 s/d 15 Tahun
   Laki-Laki / Pria :
   - Kecukupan Energi : 2400 kkal
   - Kecukupan Protein : 60 gram
     Perempuan / Wanita :
  - Kecukupan Energi : 2350 kkal
  - Kecukupan Protein : 57 gram
  Usia 16 s/d 18 Tahun
   Laki-Laki / Pria :
   - Kecukupan Energi : 2600 kkal
   - Kecukupan Protein : 65 gram
   Perempuan / Wanita :
   - Kecukupan Energi : 2200 kkal
   - Kecukupan Protein : 55 gram
  Usia 19 s/d 29 Tahun
   Laki-Laki / Pria :
   - Kecukupan Energi : 2550 kkal
   - Kecukupan Protein : 60 gram
   Perempuan / Wanita :
   - Kecukupan Energi : 1900 kkal
   - Kecukupan Protein : 50 gram
   Usia 30 s/d 49 Tahun
   Laki-Laki / Pria :
   - Kecukupan Energi : 2350 kkal
   - Kecukupan Protein : 60 gram
   Perempuan / Wanita :
   - Kecukupan Energi : 1800 kkal
   - Kecukupan Protein : 50 gram
  Usia 50 s/d 64 Tahun
   Laki-Laki / Pria :
   - Kecukupan Energi : 2250 kkal
  - Kecukupan Protein : 60 gram
   Perempuan / Wanita :
   - Kecukupan Energi : 1750 kkal
  - Kecukupan Protein : 50 gram
  Usia 64 Tahun Lebih
  Laki-Laki / Pria :
  - Kecukupan Energi : 2050 kkal
  - Kecukupan Protein : 60 gram
  Perempuan / Wanita :
  - Kecukupan Energi : 1600 kkal
  - Kecukupan Protein : 45 gram


Hindarilah LemaK Berbahaya
    sebagian besar dalam makanan jajanan seperti yang di panggang dan makanan yang    digorenggoreng, telah menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir karena mereka tidak hanya meningkatkan LDL kolesterol buruk/jahat, tetapi juga dapat menurunkan HDL kolestrol yang sehat. Tinggi asupan lemak trans telah dikaitkan dengan penyakit jantung koroner, di mana membangun plak lemak dalam arteri jantung, kadang-kadang menyebabkan serangan jantung. 


Makan Sayur dan Buah yang cukup
    Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.
Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.


Minum Air Putih

Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.


 memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. 


Perawatan kecantikan
Bila Ukhtiy kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.


Untuk kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.


Menyehatkan jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.


Sebagai obat stroke
Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.


 Menguruskan badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. 


Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. 

 
   Olah raga yang teratur
Akal yang Sehat
Olahraga itu penting bagi tubuh dan akal secara bersamaan. Sebab olahraga juga clapat memperbagus fungsi akal dan membantu sampainya oksigen ke bagian otak dan menjalankan tugasnya dengan efektif.
Memperkuat Ingatan
rang-orang yang melakukan olahraga secara teratur dapat melalui ujian-ujian kecerdasan dengan sukses yang jauh melebihi orang-orang yang tidak melakukan olahraga. Ini merupakan bukti bahwa olahraga dapat berfungsi memperkuat ingatan, dan ini tentunya dapat mencegah terserang penyakit ketuaan, sebab di saat melakukan latihan olahraga, darah dan oksigen terpompa ke bagian otak.
Menyembuhkan Sakit Kepala
 Olahraga aerobik dan beberapa senam yoga sangat membantu dalarn membebaskan diri dari kelelahan jiwa, stres, dan juga beberapa jenis sakit kepala. Yang paling penting di antaranya adalah sakit kepala sebelah (migran), sebagaimana olahraga juga dapat menstabilkan emosional, khususnya olahraga jalan kaki.

Panjang Umur


Awet Muda
Ketika umur seseorang mencapai 30 tahun, fungsi-fungsi organ tubuhnya mulai berkurang dengan menurunnya vitalitas, stamina dan kelenturannya.
olahraga yang teratur juga dapat menjaga jantung tetap sehat untuk jangka waktu yang lama dan mengaktifkan produksi hormon GH yang biasanya mulai berkurang setelah umur 20 tahun.

Memperkuat Tulang
 olahraga yang teratur –yang tidak kurang dari dua kali seminggu– dapat membantu memperkuat tulang secara nyata.

Memberi Nutrisi Kepada Kulit
Di saat melakukan latihan-latihan olahraga, keringat yang keluar dapat membantu membuka pori-pori kulit dan menyampaikan nutrisi kepadanya. Ini juga dapat membantu memusnahkan racun-racun (toksin) dan memperlancar peredaran darah sehingga membantu proses regenerasi sel-sel kulit dan kekencangannya.


Fisik yang Kuat
Jika Anda ingin kuat sepanjang hidup, Anda harus menjaga bobot tubuh secara teliti. Demikian juga Anda harus menjaga pola gizi kesehatan Anda dan melakukan latihan­latihan secara teratur untuk mengaktifkan proses metabolisme.
Namun jika Anda tidak melakukan olahraga, maka Anda akan menderita kelemahan pada usia 30 sampai 70.tahun disebabkan kelemahan serat-serat otot. Anda harus selalu ingat bahwa otot-otot memiliki fungsi yang penting dalam proses metabolisme. Karena ketika otot-otot bergerak, maka hal itu akan menambah pembakaran lemak dan kalori.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Selain itu faktor-faktor yang juga menyebabkan mengapa olahraga penting dilakukan adalah untuk menstabilkan tekanan darah tinggi di dalarn tubuh. Maka tidak melakukan olahraga dan pola gizi yang buruk dapat membantu naiknya tekanan darah.

Memperkuat Jantung
jantung yang sehat dan kestabilan tekanan darah, penyebabnya kembali kepada jumlah oksigen yang diambil seseorang di saat melakukan latihan-latihan olahraga.
Karena jantung termasuk salah satu otot seperti otot­otot tubuh lainnya, maka jantung dapat merespon latihan­latihan olahraga untuk memperkuatnya. Setiap kah otot jantung menjadi kuat, maka ia memiliki pengaruh langsung, terhadap bagian tubuh lainnya berupa semangat, stamina kuat dan terpompanya darah ke bagian-bagian tubuh secara efektif.

Terbebas Dari Kolesterol
Sudah dimaklumi bahwa kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan terserang penyakit TBC, penyakit­penyakit jantung dan paru-paru.
Melakukan olahraga sebanyak tiga kah dalarn seminggu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalarn darah, tentunya di samping memperhatikan pola-pola makan yang sehat. Yaitu dengan tidak mengkonsumi makanan-makanan yang mengandung banyak kolesterol, seperti produk-produk susu dan daging hewan, dan diutamakan menggantinya dengan makanan-makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti minyak zaitun dan minyak sayuran.

Memerangi Kanker

 Cukup Istirahat 
 Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol 
Selalu Berpikir Positif 
Luangkanlah Waktu Untuk Diri Sendiri 
Perhatikanlah Kebersihan 
Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur 
Untuk Sumber Makanan, Minuman dan Suplemen pilihlah Bahan Alami  
Mengkonsumsi Suplemen Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar