Cari Blog Ini

VITAMIN YANG DIUTUHKAN OLEH MATA


Vitamin-vitamin yang Dibutuhkan oleh Mata 
Degenerasi (penurunan fungsi) penglihatan adalah fenomena alami yang terjadi pada semua orang seiring proses penuaan.
Bermacam cara dapat dilakukan untuk memperlambat atau memperbaiki proses ini. Salah satunya adalah dengan operasi mata laser yang semakin meningkat popularitasnya akhir-akhir ini.
Akan tetapi, sebenarnya ada cara lebih murah. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan atas asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

Bagian-bagian mata seperti retina, makula, dan lensa semua memerlukan berbagai nutrisi yang berbeda agar dapat berfungsi dengan baik.
Tiga vitamin utama yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi penglihatan adalah vitamin A, C, dan E.
Vitamin A berfungsi menjaga kemampuan penglihatan pada malam hari dan dalam cahaya rendah. Vitamin A dapat ditemukan pada wortel, bayam, brokoli, ubi jalar, labu, telur, keju, dan mentega.
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah katarak. Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan. Kebutuhan vitamin C juga dapat dipenuhi dari berbagai suplemen vitamin C yang dijual di pasaran.
Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan penuaan mata. Asparagus, alpukat, susu, telur, bayam, kacang-kacangan, minyak sayur, dan gandum adalah contoh sumber vitamin E.
Komponen lain yang juga penting adalah lutein. Lutein dapat ditemukan dalam sayuran hijau dan telur, berguna untuk mencegah degenerasi mata.
Selain mencegah timbulnya katarak, lutein juga memperlambat degenerasi makula yang terjadi seiring proses penuaan. 10% dari penduduk usia 66-74 mengalami degenerasi makula dan 30% orang berusia 75-85 tahun mengalami hal yang sama.
Beberapa makanan dengan kandungan lutein tinggi antara lain kangkung, bayam, kacang polong, brokoli, zucchini, dan telur.
Seng juga dikenal sebagai unsur penting untuk memperlambat dan mencegah degenerasi mata. Labu, semangka, hati, dan daging adalah makanan yang kaya akan seng.
Untuk kesehatan retina, asam lemak omega-3 merupakan unsur penting.  Omega 3 bisa didapatkan dari minyak ikan. DHA adalah satu unsur omega 3 yang mampu meningkatkan persepsi atas warna dan kedalaman.
Jika Anda berada di titik di mana penglihatan semakin buruk karena usia, Anda tidak perlu khawatir atau langsung memutuskan malakukan operasi mata yang mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar